RSS

Bibir Sehat, Itu Perlu!


Kulit pada bagian bibir seringkali terekspos kelembapan tinggi dari napas dan paparan sinar. Minum air putih dalam jumlah cukup untuk tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah kekeringan kulit. Namun, yang tak kalah penting adalah pemilihan produk yang digunakan pada bibir, karena salah pilih bisa membuat bibir tambah kering. Berikut panduannya:
  • Bahan yang harus dicari di dalam produk untuk bibir
Carilah produk lip balm atau lip gloss dengan bahan kandungan shea butter atau beeswax. Keduanya akan melapisi bibir cukup baik yang mampu menjaga kelembapan karena mengurangi kehilangan cairan trans-epidermal dan mengelupasnya kulit. Minyak petroleum banyak digunakan sebagai bahan dasar lip gloss. Selain itu, minyak zaitun, minyak sayuran, cocoa butter, dan lanolin juga sering digunakan dalam produk untuk bibir. Vitamin E dan nutrisi tambahan lainnya juga baik untuk bibir.
  • Bahan yang harus dihindari
Alkohol, karena bisa membuat kulit kering. Beberapa lipstik matte mengandung bahan ini. Selain itu menthol dan kamper (camphor) juga bisa membuat bibir tambah kering. Meski pada awalnya akan terasa enak dan dingin di bibir, tapi lama kelamaan justru akan membuat bibir kering.
  • Untuk mengatasi kulit bibir kering
Salah satu cara untuk mengatasi kulit yang mengelupas di bibir adalah dengan mengeksfoliasinya. Caranya, saat akan mencuci wajah, tambahkan sedikit gula pada cairan pembersih, lalu gosok perlahan pada bibir. Berbeda dari garam, gula adalah bahan scrub alami yang tak akan membuat kulit kering. Cara lain dengan menggosok bibir dengan pasta gigi lembut. Tapi jangan menggunakan pasta gigi yang mengandung mint karena sifatnya membuat kulit kering. Ambil sedikit pasta gigi, usap-usapkan pada bibir hingga kulit keringnya mengelupas.

0 komentar:

Posting Komentar