RSS

Menjadi Lebih Baik di Tahun 2010


Memasuki tahun 2010 pasti kita mempunyai beberapa harapan yang ingin dicapai untuk lebih baik lagi dibandingkan dengan kehidupan kita di tahun 2009 lalu. Baik dalam bidang belajar-mengajar, bekerja, berdagang, dan lain sebagainya. Hal ini biasa disebut dengan Resolusi. Kegagalan yang terjadi tahun lalu dapat di-fix pada tahun ini asalkan kita bersungguh-sungguh untuk memperbaikinya. Inilah yang dimaksud dengan resolusi. Tujuannya tak lain adalah agar kita menjadi lebih baik lagi dalam kehidupan kita di tahun ini.

Bila pada tahun sebelumnya anda sudah membuat beberapa rencana yang akan dilaksanakan, berhasilkah rencana tersebut? Atau hanya bisa dijalankan setengahnya saja? Bila jawabannya ya, maka mulai sekarang di tahun baru ini buatlah resolusi dari rencana yang gagal tersebut. Tak ada kata terlambat! Tapi ingat, buatlah resolusi yang sesuai dengan kemampuan anda.
Jangan melebihi batas. Bila tidak, maka resolusi itu hanya sebuah resolusi tanpa sebuah realisasi. Akhirnya rencana tersebut berbuntut pada kegagalan dan hanya menjadi sepenggal harapan. Atau bisa saja sebagian lain tak sunguh-sungguh menjalankan resolusi yang telah direncanakan tadi, dan akhirnya akan terus dihampiri oleh kegagalan.

Berikut adalah beberapa tips agar resolusi anda terealisasi dengan baik :

Bulatkan Niat :

Semua langkah awal pada akhirnya akan sukses bila kita bersungguh-sungguh mau melakukan suatu hal dan PERCAYA bahwa hal tersebut pasti BERHASIL. Hal tersebut terbukti karena dapat memacu pikiran kita untuk menyukseskan hal yang direncanakan tadi.

Tulislah Resolusi Anda :

Catatlah resolusi anda dan letakkan ditempat mata anda biasa memandang, seperti di lemari pakaian, cermin, meja belajar, dan sebagainya, agar anda bisa selalu dan membacanya berulang-ulang. Buatlah resolusi dalam bentuk daftar atau poin-poin agar mudah dicerna tujuan utamanya. Gunakan tanda baca atau karakter tulisan yang unik, seperti dipertebal, dimiringkan, atau digaris bawahi hal-hal yang menurut anda penting.

Perjelas Resolusi :

Tanamkan dalam diri anda bahwa resolusi yang anda buat HARUS TERCAPAI dan realisasikan resolusi itu dengan tindakan-tindakan yang mendukung. Misalnya tahun ini anda ingin mendapat IPK 4,00 pada matakuliah Matematika, maka tindakan yang mendukung itu adalah belajar dengan cerdas, kurangi nonton dan bermain, perbanyak latihan, dan evaluasi diri.

Catat Keberhasilan yang Telah Dicapai :

Ini sangat berguna untuk melanjutkan ke resolusi berikutnya. Setelah berhasil mencapai resolusi pertama, maka kita akan termotivasi untuk melaksanakan resolusi selanjutnya dengan HARAPAN DAN PASTI BISA BERHASIL SEPERTI RESOLUSI SEBELUMNYA. Bila sudah terbiasa termotivasi seperti ini, maka InsyaALLAH semua yang kita resolusikan akan tercapai.

Pantang Menyerah :

Sebagian besar kegagalan untuk mewujudkan resolusi adalah menyerah ketika pertama kali gagal. Seharusnya kita berpikir positif dari kegagalan itu. Jadikan cambuk kegagalan itu untuk BERJUANG LEBIH KERAS agar berhasil untuk memulai lagi langkah awal. Selalu POSITIFKAN hal-hal yang terjadi pada diri kita. Dan juga tanamkan dipikiran kita bahwa resolusi ini PASTI BERHASIL. Ini adalah obat ampuh bagi orang yang sering "layu sebelum berkembang".

0 komentar:

Posting Komentar